Kunjungan Yayasan Suruga Miyagawa Jepang : Peluang Magang Kerja ke Jepang bagi Lulusan POLKESYO



04 Sep 2019




Yayasan Suruga Miyagawa dan Korporasi Pelatihan Kerja dan Asosiasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Internasional FuntoFUN Co.,Ltd Jepang melakukan kunjungan ke Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (POLKESYO) didampingi Oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta, bertempat di Ruang Garuda II POLKESYO pada Selasa Legi (03/9/2019).  Pertemuan diantaranya membahas kerjasama sekaitan dengan persiapan (pembekalan), kesiapan calon tenaga kerja (khusus alumni POLKESYO) magang ke Jepang.

Pihak Suruga Miyagawa menyampaikan siap menerima peserta magang sehingga diharapkan pihak terkait dari alumni POLKESYO bisa segera mempersiapkannya. Baik persiapan pemahaman penguasaan bahasa, dan kesiapan bekerja untuk tenaga kerja bidang perawat lanjut usia.

Kerjasama yang dilakukan tidak hanya pengiriman tenaga kerja pada bidang perawat lansia saja.  Tetapi juga dibuka kesempatan untuk bidang-bidang lain.  “Bidang kerjanya seperti restoran, konstruksi dan lain-lain,” ujar salah satu staf Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Yogyakarta dan staf Suruga Miyagawa Cabang Yogyakarta.

Berkaitan hal tersebut, khususnya Jajaran Civitas Akademika Politeknik Kesehatan Yogyakarta, menyambut dengan baik. “Harapannya ini menjadi salah satu kesempatan bagi Alumni dan kriteria serapan lulusan tenaga kesehatan untuk mendapatkan pengalaman di Jepang sehingga ke depannya ketika pulang kembali ke Indonesia bisa lebih mandiri dan bahkan bisa menciptakan lapangan kerja.”

Pertemuan juga dihadiri beberapa perwakilan rekanan perusahaan Jepang dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi.  “Pihak perusahaan di Jepang menyebut warga Jogja yang tinggal dan bekerja di sana memiliki sikap yang baik”.

Dan pada kesempatan kunjungan dari TIM Suruga Miyagawa Company (SMC) Jepang, diakhir pertemuan, melakukan tour de campus ke laboratorium klinik, juga mengunjungi mini hospital untuk mengetahui sejauh mana kelengkapan, kesiapan dan kualitas bagi calon calon lulusan Politeknik Kesehatan Yogyakarta.

*****